Thursday, March 30, 2017

Curhatan Pemancing - Pertualangan Mencari Spot

Curhatan Pemancing:
Pertualangan mencari Spot memancing memanglah tidak mudah, apalagi menuju kampung dan sungai yang belum tau kondisinya, namun dibalik itu semua ada hikmah dari setiap perjalanan, Kita akan mengenal karakter orang dan sungai di kampung tersebut, ngobrol dengan warga setempat, menggali informasi tidaklah mudah butuh pengalaman untuk mudah berbaur dengan lingkungan baru, sungai merupakan salah satu target para pemancing untuk melepas kejenuhan, tapi mau bagaimana jiga sugai tersebut sudah tercemari dan sudah tidak ada ikannya...
Kok tau sih gak ada ikannya?
Orang yang tinggal dekat pinggiran sungai biasanya lebih tau kondisi sungai, kasus yang sering di temui biasanya karena adanya oknum masyarakat yang sengaja mencari ikan dengan cara di setrum atau racun.
Setrum ikan akan mengakibatkan shock pada ikan sehingga memperlambat pertumbuhan dan perkembangbiakan pada ikan, semakin sering di setrum maka semakin cepat ikan di sungai tersebut punah.
Racun ikan tak kalah membahayakannya dengan ekosistem sungai, selain membuat mati sampai dengan ikan yang paling kecil juga mencemari sungai sehingga air yang ada di sungai tidak layak digunakan lagi.
Dibalik itu semua ada sungai yang tidak sedikit sampahnya sehingga ketika hujan air sungai meluap, dari hal tersebut dapat dipastikan ikan mungkin sudah tidak ada lagi di sungai tersebut.
Sebagai seorang yang suka mancing tentu menjadi suatu kewaspadaan di kampung yang akan kita singgahi untuk memancing sekaligus keprihatinan melihat sungai-sungai sudah semakin banyak yang hilang habitat ikan aslinya.
Ada keinginan untuk merelokasi habitat ikan dari sungai yang banyak ikannya ke sungai yang sudah tidak ada ikan tertentu tapi keinginan itu tertahan selama masih ada tukang setrum dan racun, karena selama ada mereka kabitat ikan cepat atau lambat akan musnah juga, tanpa memikirkan resiko kedepannya untuk anak cucu kita nanti.
Pertualangan mencari spot ikan dimaksudkan mencari spot ikan sungai yang masih banyak habitat ikannya sehingga menjaga kestabilan, sedangkan spot yang sudah kurang habitat ikannya hanya di pantau sewaktu-waktu untuk mengetahui apakah ikan di spot tersebut normal kembali ataukan semakin berkurang, bahkan semakin tidak ada.
Pemancing dengan hobby akan lebih tau bagaimana menjaga spot pancingnya agar tetap terjaga habitat ikannya.
--- Salam Pemancing ---

0 comments:

Post a Comment